RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 1. Memahami tek dan cerita
anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35
menit
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal
penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan pembacaan
teks
§ Siswa dapat Melengkapi
pernyataan yang sesuai dengan teks
§ Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari
teks yang didengarkan
§ Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan
berdasarkan hal-hal penting/ pokok
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat
dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung
jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty
)
C. Materi Pokok
§ Teks
Bacaan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang
akan
dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks
bacaan yang akan didengar
& Eksplorasi
& Elaborasi
§ Kegiatan Inti :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan
teks
F
Melengkapi
pernyatan yang sesuai dengan
teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan
hal-hal penting dari
teks yang didengarkan
F
Meringkas
teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi
teks yang
didengar
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
§ Sumber Belajar
: Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas
6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat
mendengarkan pembacaan teks
· Siswa dapat
melengkapi
pernyataan yang sesuai
dengan teks
· Siswa dapat
menentukan hal-hal
penting dari teks yang
didengarkan
· Siswa dapat
meringkas teks
yang didengarkan
berdasar-kan
hal-hal penting/
pokok
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Lengkapi-lah
pernyataan
yang sesuai dengan
teks!
· Ringkaslah teks yang
didengar-kan berdasar-kan hal-hal penting / pokok!
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk siswa
yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui
.... ,21 Juli 2017
Plt.Kepala
Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
0 comments:
Post a Comment