RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Pelajaran : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
Pelajaran : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A. Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik
penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat
Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat
dalam
teks laporan tersebut
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§ Siswa dapat Menyusun laporan
kegiatan
sesuai kerangka
§ Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat
dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung
jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty
)
C. Materi Pokok
- Laporan hasil pengamatan
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan
Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang
akan
dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek
bacaan
laporan pengamatan yang akan
dibaca
- Kegiatan Inti :
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
- Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan
bahasa sendiri
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Membaca laporan hasil pengamatan
- Membahas
isi laporan
hasil pengamatan
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru
bersama siswa
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan
dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup,
guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian
mencatat isinya
E.
Metode/Sumber Belajar:
- Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
- Sumber Belajar
: Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas
6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat
membaca laporan
hasil pengamatan
dan memahami bagian-bagian
kerangka yang terdapat
dalam
teks laporan tersebut
· Siswa dapat
menjawab pertanyaan berdasarkan isi
laporan pengamatan
· Siswa dapat
menyusun
laporan kegiatan sesuai kerangka
· Siswa dapat
melaporkan hasil pengama-tan
di depan kelas
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan
berdasarkan isi
laporan pengama-tan !
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan Praktek Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui
.................. ,2 1 Juli 2017
Plt.Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
0 comments:
Post a Comment