Gratis selamanya

mediacerdas
loading...
close
Banner Iklan 120 x 600 px
close
Banner Iklan 120 x 600 px

Monday, May 28, 2018

RPP - Mendengarkan dan Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
( RPP )


Sekolah                        :
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi    :  1. Mendengarkan dan Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :  2 X 35 menit


  MENDENGARKAN 
 A.  Kompetensi Dasar
1.2       Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.


B.  Tujuan Pembelajaran** 
A.    Siswa dapat Mendengarkan cerita anak 
B    Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
C.    Siswa dapat Menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
D.    Siswa dapat Menentukan latar cerita 
E.    Siswa dapat Menceritakan  kembali cerita   yang didengar


v  Karakter siswa yang diharapkan :   
 Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ),
  Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


C.  Materi Pokok
       A.    Cerita anak


D.  Pengalaman Belajar 
      A.    Kegiatan Awal           
              Apersepsi  dan Motivasi :
-    Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-    Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar 

B.    Kegiatan Inti   :

1. Eksplorasi
    
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan cerita anak
F  Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar



2. Elaborasi
    
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
F  Menentukan latar  cerita
F  Menceritakan kembali cerita yang didengar
 3.   Konfirmasi
       
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru  bersama  siswa  bertanya  jawab  meluruskan  kesalahan  pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 4. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Membaca buku cerita anak

5.  Metode/Sumber Belajar:
§    Metode                   : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§    Sumber Belajar       :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


F.  Penilaian


Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen

Contoh Instrumen
· Siswa dapat mendengarkan cerita anak
· Siswa dapat menjawab
pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
· Siswa dapat menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
· Siswa dapat menentukan latar cerita
· Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
Lisan Tertulis Penugasan
Uraian
· Jawablah pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&   PRODUK ( HASIL DISKUSI )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&   PERFORMANSI

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Pengetahuan
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
4
2
1



2.





3.
Praktek





Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif


* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1


4
2
1


&    LEMBAR PENILAIAN


No

Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



















Mengetahui


..... ,2 1 Juli 2017

Plt.Kepala Sekolah                                             Guru Mapel Bahasa indonesia
Share:

0 comments:

Post a Comment


Add Request Song to Live Streaming

Definition List

Support