Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi
:
4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,
dan informasi
secara tertulis
dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan
parafrase
Waktu
: 4 X 35
menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.1.Mengisi formulir ( pendaftaran , kartu anggota,
wesel pos,kartu
pos,daftar riwayat
hidup dll ) dengan benar
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami
penulisan
wesel
pos
§ Siswa dapat Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang sudah ditentukan
§ Siswa dapat Memahami kalimat
anjuran
§ Siswa dapat Memilih
kalimat anjuran yang tepat
§ Siswa dapat Membuat
kalimat anjuran
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat
dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung
jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty
)
C. Materi Pokok
- Wesel
pos
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan
Awal : Apersepsi
dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang
akan
dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang
akan
dibacakan
- Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Memahami
cara penulisan wesel pos
-
Memahami kalimat anjuran yang tepat
B. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Mengisi wesel
pos berdasrkan keterangan yang sudah ditentukan
-
Membuat kalimat anjuran
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru
bersama siswa
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan
dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Mengisi blanko
wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau
orang tua
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
§ Sumber Belajar
: Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas
6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat
memahami penulisan
wesel pos
· Siswa dapat
mengisi wesel
pos berdasar-kan
keterangan yang sudah
ditentukan
· Siswa dapat
memahami kalimat
anjuran
· Siswa dapat
memilih
kalimat anjuran yang tepat
· Siswa dapat
membuat
kalimat anjuran
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Isilah wesel pos berdasar-kan keterangan
yang sudah
ditentukan!
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan Praktek Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
2017 Mengetahui
.................. ,2 1 Juli
Plt.Kepala
Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
0 comments:
Post a Comment