RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah
: .........
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi
: 8. Menulis, Mengungkapkan pikiran dan informasi
secara tertulis dalam bentuk
naskah pidato dan surat
resmi
- Kegiatan Inti :
Waktu : 2 X
35 menit
A. Kompetensi Dasar
8.2
Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata
sesuai dengan orang
yang dituju
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat
Memahami surat resmi
dengan
bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan
ejaan
§ Siswa dapat
Menuliskan surat
resmi dengan
bahasa yang baik dan benar,
serta
memperhatikan penggunaan
ejaan
§ Siswa dapat
Mencatat
informasi penting yang terdapat
dalam surat resmi dengan
bahasa yang baik dan benar,
serta memperhatikan
penggunaan ejaan
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat
dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung
jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
- surat
Resmi
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan
Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang
akan
dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang surat resmi
A. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
- Memahami surat resmi dengan bahasa
yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan
ejaan
B. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menuliskan
surat
resmi dengan bahasa yang baik dan
benar, serta
memperhatikan penggunaan
ejaan
- Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi
dengan bahasa
yang baik
dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru
bersama
siswa bertanya jawab
meluruskan
kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Siswa dan guru mengadakan
refleksi tentang proses dan
hasil belajar.
- Siswa diberi tugas untuk
Menulis surat resmi
E.
Metode/Sumber Belajar:
- Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
- Sumber Belajar
: Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas
6 B
Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa memahami surat
resmi dengan
bahasa yang baik
dan benar, serta memperhatikan
penggunaan
ejaan
· Siswa menuliskan surat
resmi dengan
bahasa yang baik
dan benar, serta memperhatikan
penggunaan
ejaan
· Siswa mencatat informasi penting yang terdapat
dalam
surat resmi dengan bahasa
yang baik
dan benar, serta memperhatikan
penggunaan
ejaan
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
|
Lembar penilaian
|
· Tuliskan
surat resmi dengan bahasa yang baik dan
benar, serta memperhatikan
penggunaan ejaan!
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk siswa
yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui
.... ,3
Februari
2018
Kepala
Sekolah
Guru Mapel Bahasa
Indonesia
............................... ...............................
NIP : ....
0 comments:
Post a Comment